[Review] Azalea Hijab Shampoo

8:23:00 PM Delyanet 4 Comments

Assalamu'alaikum

Hai hai. Baru-baru ini saya mencoba shampoo lagi, lho. Berhubung sepertinya produk ini keluaran baru, kali ini saya me-review ini saja ya. Namanya Azalea Hijab Shampoo with Zaitun Oil & Ginseng Extract, inspired by Natur. Ada yang pernah coba?

[Review] Azalea Hijab Shampoo
Azalea Hijab Shampoo 


Kemasan

Seperti yang terlihat di foto di atas, kemasan shampoo ini biasa-biasa saja. Botolnya dari plastik dan berbentuk kotak, terkesan kaku. Warna kemasan dan label didominasi hijau, mungkin untuk memberi kesan alami dan segar. Tutup botol flip top, praktis.

Pada keterangan di bagian belakang kemasan, (deskripsi produk, komposisi, cara pakai, produsen, dll) sangat informatif dengan 2 bahasa (Indonesia, Inggris). 

[Review] Azalea Hijab Shampoo
tampak belakang
Oh ya, selain shampoo, sebenarnya Azalea ini punya varian lain yaitu hair mist. Tapi berhubung saya belum pernah coba hair mist-nya, jadi kali ini saya bahas shampoo-nya saja ya..

Harga

Shampoo ini dikemas dalam ukuran 180 ml. Di swalayan langganan saya di Pontianak, harga shampoo ini sekitar 30 ribuan (harga per Desember 2016). Saya lupa apakah ada ukuran yang lebih kecil atau lebih besar. Ukuran segitu agak besar untuk dibawa jalan.

Pengalaman Menggunakan

Shampoo untuk hijaber ini memiliki aroma herbal yang serupa dengan shampoo Natur. Ya wajar sih ya karena memang sodaraan dengan produk Natur --sesuai tulisannya, "inspired by Natur". Komposisi shampoo Azalea ini juga mirip produk Natur lain, yaitu didominasi oleh ekstrak tumbuhan berkhasiat, tapi aroma herbalnya tidak sekuat Natur (kalau indera penciuman saya tidak keliru, cmiiw). Agar kandungan aktifnya tidak mudah rusak, botol harus ditutup setelah digunakan agar air tidak masuk ke dalam botol. 

[Review] Azalea Hijab Shampoo


Cairan pembersih rambut ini kental, berwarna seperti teh, agak bening, dan mudah berbusa. Di foto di atas, yang sebelah kanan itu setelah digosok tapi tanpa air ya. Soalnya itu ngerjainnya di kamar, nanti berantakan. Hhihi

Berdasarkan keterangan di label kemasannya, shampoo dengan ekstrak minyak zaitun dan ginseng ini berkhasiat dalam membantu merawat kekuatan akar rambut dan menjaga kesegaran rambut wanita berhijab. Kebetulan, rambut saya memang bermasalah di kerontokan rambut --selain ketombean. Biasa, namanya juga berjilbab, jadi masalahnya ya semacam itu. Tidak berjilbab juga banyak yang bermasalah rambut seperti ini, kan? ^^

Setelah digunakan, sensasi kesegaran shampoo ini ternyata tidak sesegar dan sedingin shampoo ber-mentol lain. Untungnya, ketombe cukup mereda. Minimal tidak gatal-gatal, kecuali kalau kelamaan tidak keramas lah ya. *Iya, saya tidak keramas tiap hari.

Mengenai masalah kerontokan, sejujurnya saya tidak terlalu memperhatikan. Tapi kalau berdasarkan pengamatan Kanda sih --iya, suami saya juga ikut mencoba produk ini-- shampoo ini cukup efektif menekan jumlah rambut rontoknya. Kurang tahu apakah ini efek shampoo ini, efek tonik rambut yang ia pakai (insyaallah nanti saya review) atau kombinasi keduanya. Yang pasti, kalau di saya, shampoo ini bekerja tidak signifikan tapi cukup baik. Rambut saya jadi tidak mudah apek, walaupun ditutup dengan jilbab waktu rambut masih setengah basah. Kulit kepala pun tidak mudah gatal --kecuali kalau sudah beberapa hari tidak keramas. Kalau masalah kerontokan dan rambut patah, rambut saya masih rontok (dalam batas wajar) tapi sepertinya patahnya berkurang. Selama menggunakan shampoo ini, rambut saya terasa lebih lembap dan tidak kesat sehingga resiko rambut patah akibat rambut kusut dan nyangkut di sisir atau ikat rambut berkurang. Intinya, baik saya dan suami merasa cocok-cocok saja menggunakan shampoo ini. Kami tidak mengalami iritasi/alergi.

Lain-lain

Produk ini insyaallah sudah terjamin kehalalannya karena sudah ada label halal dari MUI. Jadi konsumen muslim dan muslimah --seperti saya-- bisa lebih tenang menggunakannya. 

Yang tak kalah penting, berdasarkan daftar komposisi, produk ini non-parabens, tapi ada kandungan Sodium Laureth Sulfate dan Cocamide DEA. Tidak masalah sih sebenarnya, karena kemungkinan masih dalam dosis yang diperbolehkan. Tapi buat wanita hamil dan menyusui yang ingin berhati-hati dalam memilih produk selama kehamilan, anggap saja ini info berharga untuk bahan pertimbangan ya.. ;) 

Overview

Kelebihan:

- Harga terjangkau
- Halal
- Cocok untuk wanita berhijab (tidak apek, mengurangi kerontokan dan gatal ketombe)
- Wangi herbal
- Rambut lembap
- Non-parabens

Kekurangan:

- Ada kandungan yang sebaiknya dihindari wanita hamil dan menyusui
- Tidak sedingin shampoo menthol lain

Beli lagi?

Yap

Begitulah review saya tentang Shampoo Azalea dengan minyak zaitun dan ekstrak ginseng. Semoga bermanfaat ya! 

You Might Also Like

4 comments:

  1. Ada kandungan yang sebaiknya dihindari wanita hamil dan menyusui. kandungan apa mbak yang tidka boleh? boleh tolong disebutkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah disebutkan kok.. Sodium Laureth Sulfate dan Cocamide DEA

      Delete
  2. Murah bgt aq beli 180ml cm 15rb,
    Biasanya pke natur tp brhub aga mehong dg kemasan kecil aja 14rb blm sbulan ud habis aja... Lha ini beralih pke ini,, enak aq suka ada efek semriwing di kulit kepala, aq jg pakai hair mistnya sblm pke sampo ini.

    ReplyDelete

Komentar DIMODERASI. Tidak cocok untuk spammer.

Dimohon untuk TIDAK meninggalkan link hidup. Silakan tanamkan link dengan memilih opsi name/url.

<3 <3 <3