[Review] Shampoo Merang Mustika Ratu

12:08:00 PM Delyanet 2 Comments

Assalamu'alaikum

Hai hai. Kali ini saya akan me-review shampoo yang sudah saya pakai selama 2 bulan ini. Namanya Shampoo Merang atau Rice Straw Shampoo dari Mustika Ratu. Ada yang pernah coba?

Shampoo merang (rice straw shampoo) Mustika Ratu
Sudah setahun belakangan ini saya sengaja tidak menggunakan shampoo merk tertentu untuk keramas. Soalnya ketombe sering muncul sih, kalau salah shampoo. Untuk amannya, saya paling sering menggunakan sedikit shampoo bayi di kulit kepala, tapi itu juga kadang-kadang sih. Saya lebih suka pakai air bersih tanpa shampoo, kecuali jika keadaan tidak memungkinkan.

Berhubung sedang bosan dengan shampoo bayi, saya jadi pengen mencoba shampoo baru. Kebetulan ketemu shampoo Mustika Ratu yang diklaim terbuat dari ekstrak merang yang merupakan bahan alami yang baik digunakan untuk menyuci rambut alias keramas. Konon, sebelum shampoo umum digunakan seperti sekarang, orang-orang jaman dulu menggunakan merang yang dibasahi dan digosok-gosok sampai berbusa (jadi busanya terbentuk tanpa sabun). Karena itu menarik, saya jadi ingin mencoba merang juga, setidaknya dengan menggunakan produk Mustika Ratu yang diklaim terbuat dari merang.

Kemasan

Seperti yang terlihat di foto, kemasan shampoo merang dari Mustika Ratu ini botolnya khas produk Mustika Ratu: tinggi ramping. Botol cukup nyaman dipegang, pas dalam genggaman. Berat bersih 175 ml, agak besar untuk dibawa dalam perjalanan singkat. Saya belum ketemu kemasan yang lebih kecil sih. *cmiiw. 

Tutup botol produk ini berbentuk flip top seperti kebanyakan produk sejenis, tapi bagian atasnya agak cembung. Kalau ingin dihabiskannya sampai tuntas, botol perlu dijungkir balik dengan penyangga. *irit mode on, hehe

Harga

Di swalayan langganan saya, harga Shampoo Merang Mustika Ratu sekitar 16 ribu rupiah (harga per Juni 2016). Ini seharga rata-rata produk sejenis (shampoo). Berhubung saya tidak suka cuci rambut tiap hari, produk ini bisa bertahan lama dan itu berarti cukup hemat.

Pengalaman Menggunakan

Saat pertama membuka botolnya, akan tercium aroma herbal. Saya belum pernah mencium merang, jadi mungkin --mungkin yaa-- mungkin itu bau merang. Untuk wangi, menurut saya shampoo ini tergolong tidak terlalu harum tapi setelah dipakai, jejak harum yang tertinggal tidak terlalu kuat. Saya suka. Segar, wanginya halus, agak mirip shampoo bayi yang biasa saya pakai. Bedanya pada aroma. 

Saat digunakan, cairan shampoo yang berwarna jingga transparan ini tidak terlalu banyak menghasilkan busa. Setelah digunakan, rambut saya jadi terasa lebih bersih dan halus. Ketombe juga hilang dan lama baru muncul (misalnya karena keringat atau terlalu lama tidak keramas). Sayangnya, setelah beberapa kali pemakaian, rasanya kok rambut saya jadi lebih cepat kusut. Akibatnya, rambut jadi mudah rontok. Berguguran. Memang sih selama menggunakan shampoo merang ini saya jadi malas menggunakan minyak rambut sebelum atau sesudah keramas (karena merasa sudah tidak ketombean lagi). Mungkin itu sebabnya di kemasan tertulis, untuk mendapatkan hasil terbaik sebaiknya disertai dengan penggunaan minyak rambut cem-ceman sebelum keramas dan ramuan penyubur rambut setelah keramas. 
*Kedua produk yang disebutkan belakangan belum pernah saya coba. Nanti deh insyaallah saya review juga kalau sudah coba. :)

Lain-lain

Satu hal yang sangat saya sayangkan dari produk shampoo yang cukup efektif menghilangkan ketombe ini: Shampoo Merang Mustika Ratu belum berlabel halal. Setidaknya itu yang saya ketahui dari kemasannya. Berhubung sampai sekarang saya masih belum menemukan satupun produk shampoo berlabel halal (cmiiw) jadi penggunaan shampoo ini bisa dianggap keadaan terpaksa. Saya sangat berharap Mustika Ratu segera mengurus sertifikasi halal produk ini agar muslim seperti saya bisa lebih tenang menggunakannya. 


Overview

Kelebihan:

- Harga terjangkau
- Membersihkan rambut dan kulit kepala dengan baik, cukup efektif menghilangkan ketombe
- Saya suka wanginya yang tidak menyengat

Kekurangan:

- Busa tidak banyak
- Belum ada label halal
- Bikin rambut mudah kusut dan gugur (jika tidak diiringi penggunaan produk rambut lainnya)

Beli lagi?

Ya / Tidak
(selama belum ketemu produk shampoo lain yang sudah bersertifikasi halal)

Begitulah review saya tentang Shampoo Merang Mustika Ratu. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Bye!

You Might Also Like

2 comments:

  1. nice review mba. saya juga pakai produk ini, untuk kemasan terbaru sudah ada label halal, hanya saja tudak dicetak langsung pada kemasan melainkan ditempel menggunakan stiker. untuk kesannya sama, shampo ini efektif membersihkan rambut, namun membuat rambut kering, saya biasa menyiasatinya dengan menggunakan conditioner dr merk lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kayaknya kalau pakai shampoo ini harus barengi conditioner dan/atau vitamin rambut deh..

      Delete

Komentar DIMODERASI. Tidak cocok untuk spammer.

Dimohon untuk TIDAK meninggalkan link hidup. Silakan tanamkan link dengan memilih opsi name/url.

<3 <3 <3